1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

Mengapa saya harus menggunakan LED?

2. LED bertahan lebih lama. Usia rata-rata untuk lampu LED adalah 10 tahun. Bahkan setelah itu, jika lampu LED harus diganti itu dikarenakan cahaya yang sudah mulai memudar. Selama jangka waktu LED yang panjang, cahaya LED cenderung untuk konstan. LED juga dapat bertahan lebih lama dari 10 tahun. Hal ini tergantung pada aplikasi dan pemakaiannya.

3. LED Jauh Lebih Aman. LED menggunakan tegangan rendah (12V – 24V), dan mengurangi resiko kebakaran daripada lampu tradisional. LED tidak memancarkan ultra-violet (UV) dan tidak menimbulkan panas yang tinggi sehingga LED dapat digunakan di area-area dimana terlalu banyak panas bisa berbahaya atau merugikan. Salah satunya adalah etalase pertokoan.

4. Perawatan LED Lebih Mudah. LED dapat dibiarkan saja tanpa perawatan yang rumit. Jika kotor dapat langsung diusap untuk membersihkan dari debu dan kotoran yang menempel. Itu saja. Tidak sulit bukan?

5. LED itu Solid. Artinya LED hampir jarang untuk pecah, dan LED juga dapat digunakan dalam kondisi yang lembab. Bahkan dalam beberapa kondisi ekstrim, LED dengan spesifikasi tertentu juga dapat ditaruh di dalam air.

6. LED lebih mudah untuk dibuang. Meskipun tidak ada cara untuk mendaur ulang LED, tetap saja bentuk LED yang kecil ditambah dengan LED tidak mengandung unsur-unsur yang berbahaya untuk tanah. Karena itu, masih jauh lebih mudah untuk membuang LED daipada membuang lampu kaca yang diisi gas. Tahukah Anda jika ada lampu neon tradisional yang pecah, maka Anda harus mengosongkan ruangan tersebut paling tidak selama 15 menit agar gas yang terdapat pada lampu neon tersebut tidak terhirup oleh manusia. Gas tersebut sangatlah berbahaya bagi kesehatan.

7. LED jauh lebih kecil. Hal ini menjadikan LED dapat digunakan dalam cara-cara yang lebih kreatif daripada pencahayaan tradisional. Sebagai contoh, papan reklame neon box bisa lebih tipis dan ringan. LED bahkan dapat dimasukkan pada panel akrikik untuk aplikasi tertentu.

8. LED dapat menggantikan hampir semua aplikasi pencahayaan. Contoh nyata adalah lampu neon. Lampu neon adalah cara yang sangat eye-catching untuk mempromosikan bisnis Anda. Sayangnya, neon mempunyai ongkos produksi yang mahal, menggunakan energi yang cukup tinggi, mudah putus, dan berbahaya bagi lingkungan. Sekarang, Anda dapat mensimulasikan cahaya neon dengan LED tubes. LED tube mempunyai karakteristik yang sama dengan lampu neon. Juga tidak menimbulkan panas, konsumsi daya yang rendah, dan proses instalasi sangat mudah sehingga dapat dipasang oleh siapapun.

9. LED dapat digabungkan dengan energi alternatif. LED menggunakan sedikit energi dan bekerja pada voltase yang rendah. Hal ini menyebabkan LED dapat dikombinasikan dengan panel surya (solar panel) maupun wind-turbine. Kita sekarang dapat menciptakan aplikasi pencahayaan yang meyala dari tenaga alternative.

Saya mendengar LED lebih mahal?

Awalnya LED bisa lebih mahal daripada lampu tradisional dan tabung neon pada umumnya, tetapi manfaat dari menggunakan LED jauh lebih besar daripada hanya sekedar “selisih” harga. Setiap bisnis akan dihadapkan dengan audit pemakaian energi sebagai konsekuensi komitmen untuk mengurangi emisi karbon, belum lagi kebutuhan untuk memotong biaya dan perawatan. LED merupakan jawaban cerdas untuk masalah ini.

Apa yang akan saya lakukan dengan lampu yang ada sekarang?

Banyak pebisnis percaya bahwa untuk meng-upgrade pencahayaan yang ada, misalnya pencahayaan langit-langit, akan sangat mengganggu dan mahal. Kami menyebutnya re-engineering. Ada berbagai produk yang dapat menggunakan fitting lampu analog yang lama, seperti lampu neon dan bohlam. Hal ini dapat menjadi “jalan pintas” sementara jika Anda menggunakan lampu tradisional dalam jumlah yang banyak. Beberapa aplikasi yang umum diganti adalah lampu neon, lampu halogen, dan spot light. Anda akan mendapatkan manfaat penggunaan konsumsi daya yang lebih kecil, pemeliharaan yang rendah, dan usia lampu yang panjang. Anda tidak perlu berinvestasi pada peralatan lampu yang baru. Mengubah ke LED semudah mengubah bohlam biasa.

Apa saja produk yang tersedia?

Kami selaku PT. Indonesia Technology & Energy International dapat membuat LED dalam berbagai warna dan nuansa. Chip komponen kami dapat mengontrol kecerahan, warna, dan durasi setiap LED sehingga Anda bisa mendapatkan produk LED yang sangat bervariasi. Tidak berhenti pada area tertentu, LED kami dapat dipakai pada akuarium untuk membuat warna ikan jadi lebih hidup, pada bakery untuk membuat tampilan roti menjadi segar, toko perhiasan agar kilau lebih maksimal, dan  banyak aplikasi-aplikasi komersil lainnya. Pasar LED akan berkembang dengan sangat pesat.

Lalu, produk apakah yang harus saya gunakan?

Pasar LED, sama seperti semua pasar, dipenuhi dengan produk yang baik dan produk yang buruk. Lampu LED dibuat dalam satu lembar yang disebut wafer, sama seperti chip computer. Sebanyak 6000 LED dapat diproduksi dari satu wafer. Ada ketidaksempurnaan pada permukaan wafer, maka dari itu, tiap-tiap LED dinilai secara individu begitu LED tersebut selesai diproduksi. Quality control untuk tiap-tiap perusahaan dapat berbeda sehingga sangat penting untuk memastikan Anda memilih pemasok yang terpercaya. Ada beberapa tingkatan kualitas LED mulai yang paling terang dengan kualitas terbaik sampai dengan kualitas produksi masal dengan menggunakan LED kualitas rendah sehingga mempengaruhi usia LED tersebut dan tidak mempunyai kualitas cahaya yang sama. Jika Anda mendapatkan LED dengan harga yang sangat murah, Anda harus berhati-hati, karena mungkin kualitas LED tersebut tidak sebaik yang Anda bayangkan.

Hampir tidak ada gunanya berinvestasi dalam LED yang murah tetapi mempunyai usia yang pendek. Komponen elektronik juga faktor penting dalam hasil yang Anda dapatkan dari pencahayaan LED Anda. PT. Indonesia Technology & Energy International telah menginvestasikan sumber daya yang optimal dalam meneliti dan bermitra dengan pemasok LED terbaik. Kami memahami teknologi dan pengetahuan tentang semua produk yang tepat bagi Klien dan calon klien kami.